Translate

Senin, 03 Februari 2014

Mau Denger Aku Nyanyi?

Helloooooo, rasanya udah lama banget nggak nge-post di blog ini, udah setahun ternyata. Maaf, kali ini bener-bener lagi sok sibuk. :p

Musik itu bahasa universal, iya nggak? Denger-denger sih gitu.  Banyak yang suka denger dan main musik juga kenyataannya. Kamu gimana?

Pada awalnya, aku suka banget nyanyi-nyanyi lagu favorit di rumah, iya, di setiap sudut rumah. Pada paham semua kan, kalo kamar mandi adalah salah satu spot favorit yang serasa mirip studio rekaman para penyanyi? Aku sependapat. Ternyata, hobi bernyanyiku membawa bencana untuk orang-orang. Mereka pada nggak nyaman gitu kalo denger aku nyanyi (katanya sih), kupingnya sakit lah, tiba-tiba hipertensi lah, mual-mual lah, dan semacamnya.

Waktu SMA aku pernah didapuk buat nyanyiin lagu pengiring tari saman di sekolah. Waktu itu ada acara eksibisi karya siswa kecil-kecilan, internal sekolah aja. Didapuk pun bukan karena mereka tau kalo suaraku memang emas, tapi emang karena nggak ada yang mau, nggak ada yang pede, cuma aku yang sok-sok sanggup. Bernyanyilah aku, berasa tenang dan damai dengan teks lagu bahasa Aceh di tangan. Tanpa aku sadari, yang nari saman pada bingung, nggak sama gerakannya, kebayang nggak tari saman kalo nggak kompak gimana? Iya, nggak enak banget dilihat, keliatannya kayak para penari saling toyor-menoyor kanan-kiri. Tuh kan, suaraku bener-bener emas, yaaaa meski emas sepuhan yang kalo dipake lama-lama jadinya item. Itu semua bisa terjadi karena aku lebih asyik ngeliatin teks lagu daripada ngedengerin musik pengiringnya, salah tempo akibatnya. Untungnya temen-temen sekelas yang juga jadi penari saman waktu itu nggak marah, mereka ikhlas dan tulus menerima kekuranganku.

Kasus yang ke-dua, waktu ngerjain tugas. Ceritanya aku dapet tugas dari dosen untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan salah satu jenis kecerdasan manusia. Waktu aku inget tugas itu, taunya udah mepet deadline. Kalo mau gambar-menggambar atau bikin mind mapping, aku udah lama nggak punya pensil warna, crayon, dsb, itu juga makan banyak waktu. Akhirnya aku pilih buat media pembelajaran untuk kecerdasan musikal yang kira-kira nggak makan waktu banyak, iya berarti aku bakal nyanyi dan bikin lagunya. Tiba-tiba rentetan pertanyaan muncul.

Pertanyaan 1: Lagu apa yang cucok buat matematika yak?
Pertanyaan 2: Terus aku yang harus nyanyi atau minta tolong orang lain buat nyanyi? Tapi siapa?
Pertanyaan 3: Ngerekamnya pake apa yang ngejamin hasilnya bagus dan suara-suara lain nggak ikut kerekam?
Pertanyaan 4: Aplikasi apa yang bisa ngubah suara nggak enak jadi enak? Soundcloud bisa ga sih?

Dan, keputusannya adalah....
Aku nyoba buat ngerekam suara sendiri (lagi), lagunya JKT 48 yang judulnya Heavy Rotation tapi liriknya diubah pake kata-kata yang matematika banget, gitu-lah pokoknya, pake handphone ngerekamnya. Usaha itu pun nggak berjalan mulus, beberapa kali harus take (dalam jumlah yang nggak wajar gitu). Yah, sama aja kalo gini makan waktu banyak.  

Take yang berkali-kali itu akhirnya menuai protes dari ibuku. Ibu bilang, "Kamu ngapain dari tadi nyanyi diulang-ulang terus? Jangan sakit hati juga, agak gimana gitu, kurang enak.". Yak, suara itu kerekam. Yaaaa salahku juga ngapain nyanyi-nyanyi di atas jam 9 malem, diulang-ulang pula.
Akhirnya, biar nggak ngeganggu orang lain, aku mutusin buat nyanyi di dalem lemari dengan maksud biar kedap suara, dan kece suaranya. Tapi.... gagal, nggak seenak orang-orang nyanyinya. Terus, apa aku maksa buat ngumpulin tugas nyanyi yang nggak banget suaranya itu ke dosen? Ya, terpaksa, dari pada nggak dapet nilai? Bukan berarti aku lebih mentingin dapet nilai terus ngebiarin orang lain termasuk dosenku menderita, enggak. Hasil rekaman suaraku nggak mengerikan seperti yang dibayangkan kok, masih bisa didengerin meskipun komentarnya nggak bagus, hehe. Lumayan.

Itu beberapa hal yang aku inget tentang akibat suara emasku. Mungkin ada yang kesempil dan akhirnya lupa buat di share, atau mungkin akan ada lagi tambahan-tamabahannya lagi. Gimana, masih pengen denger aku nyanyi? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar