Translate

Sabtu, 07 Juli 2012

Debt Collector 1 : Datang Tak Diundang, Pulang Tak Pamitan


Sebelum ngobrol banyak, Putri mau tarik nafas dulu ah *tariknafas7jam. Maklumlah, emosinya lagi klimaks. Well, kali ini mau berbagi cerita tentang Debt Collector. Eits, tenag dong, tenang, nggak usah cari-cari buku tentang hutang piutang dan tiba-tiba benerin posisi duduk segala. Nggak usah serius-serius juga, ini Cuma cerita bukan negara, yang ngurus negara aja kadang nggak serius-serius amat, ups :p.

Jadi gini, beberapa bulan yang lalu, yah anggap aja 3 bulan yang lalu (ini salah satu efek dari malas ngeblog), kedatangan tamu yang nggak disangka-sangka dan dalam setiap doa habis shalat pun nggak pernah kesebut keinginan buat didatengin makhluk satu ini, yak Debt Collector. Waktu itu Ibu yang menyambut kedatangannya dan membukan pintu pagar selebar-lebarnya buat sang tamu. Awalnya nggak ngeh juga kalo yang disambut ramah tadi adalah Debt Collector, yang jelas orang itu mau nyari Bang Yus, kakak Putri. Ibu mempersilakan masuk rumah, duduk di sofa di mana aku sering ketiduran di sana (ini pertanda kalo sofa rumah begitu nyaman dan seharusnya diperuntukkan buat tamu yang punya sopan santun), dan ngobrol dikit.

“Ini Yus lagi nggak di rumah sini. Dia sudah tinggal di rumah sendiri. Lho, bapak ini temen Yus di kampus atau di kantor?”, tiba-tiba Ibu jadi sok asyik memulai obrolan. “Hmm…. Bukan bu”, jawab dia agak bingung. “Lha terus? Sampeyan temen apa?”, Ibu mencoba terus ngejar, takutnya dia dulu temen main Bang Yus yang sering di-bully waktu main Barbie, eh bukan, ya udah main apa aja deh terserah. “Ya, teman aja. Boleh minta alamatnya? Nomor Handphone?”, langsung to the point aja dia. Ibu langsung kasih aja alamat sama nomor hand phone Bang Yus, ya kan kita nggak nyangka kalo dia Debt Collector. Begitu dapet nomor handphone, tuh orang langsung aja telpon. Dia nelpon di teras rumah, dan kita juga nggak merhatiin banget apa yang diobrolin, malah kita lagi sibuk bikinin dia minum.

Begitu nutup telpon, dia pun langsung ngacir gitu aja dengan ngebawa map biru yang dia taruh di meja ruang tamu, nyalain motor, dan cuss dia pergi, nggak pamitan. Sontak (cie, kata-kata ini kedengerannya keren yak), kita sekeluarga bingung. Sejujurnya, sempet curiga juga kalau dia itu maling. Langsung aja kita bertiga (Ibu, Bapak, Putri) keluar pager dan “gilaaa” tuh orang cepet banget nyetir motornya, udah nggak kliatan upilnya (ini kiasan baru, biasanya kan nggak kliatan batang hidungnya). Untung aja barang-barang di rumah pun nggak ada yang hilang, sehingga dugaan dia sebagai maling pun gugur.

Sekitar 15 menit kemudian, Bang Yus ke rumah. Dia Cuma mastiin kalo orang aneh itu sudah angkat kaki dari rumah. Bang Yus cerita banyak tentang obrolan di telpon tadi. Ternyata dia nagih utang tunggakan kredit mobil gitu ke bapak-bapak yang namanya mirip sama Bang Yus, dan rumahnya pun juga nggak jauh dari rumah. Bang Yus yang nggak merasa beli mobil, bahkan odong-odong pun juga nggak, apalagi sampe nunggak bayar cicilannya, langsung ngusir orang itu dari rumah dan bilang kalau orang itu salah alamat. Yeeeee, tepuk tangan dong semuanya J. Gila, rasanya itu deg-degan banget waktu tiba-tiba  ditagih utang, padahal nggak ngutang.

Oke, sebenernya kita maklumin lah kalo memang itu bener-bener salah alamat. Tapi yang bikin kita pingin marah adalah kenapa dia nggak pamitan dulu dan ngejelasin kalau dia salah alamat ke kita bertiga (Ibu, Bapak, Putri). Kenapa dia segitu idiotnya kalo bertamu ke rumah orang dan pulangnya nggak pamitan sama sekali. Hikmahnya, pekerjaan apapun itu harus dilakukan secara professional, iya professional. Meskipun tata krama sepertinya tidak ada di dalam kode etik penagihan hutang, tapi masa iya yang namanya pamitan sampe lupa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar